Mengenal NGINX Lebih Dasar

NGINX adalah perangkat lunak open source untuk penyajian web, reverse proxying, caching, load balancing, streaming media, dan banyak lagi. Ini dimulai sebagai server web yang dirancang untuk kinerja dan stabilitas maksimum. Selain kemampuan server HTTP-nya, NGINX juga dapat berfungsi sebagai server proxy untuk email (IMAP, POP3, dan SMTP) serta proxy balik dan penyeimbang beban untuk server HTTP, TCP, dan UDP.

Mengenal NGINX Lebih Dasar


Backstory


Igor Sysoev awalnya menulis NGINX untuk memecahkan masalah C10K, istilah yang diciptakan pada tahun 1999 untuk menggambarkan kesulitan yang dialami server web yang ada dalam menangani koneksi bersamaan (C) dalam jumlah besar (10K). Dengan arsitektur asynchronous yang digerakkan oleh peristiwa, NGINX merevolusi cara server beroperasi dalam konteks performa tinggi dan menjadi server web tercepat yang tersedia.

Setelah sumber terbuka proyek pada tahun 2004 dan menyaksikan penggunaannya tumbuh secara eksponensial, Sysoev mendirikan NGINX, Inc. untuk mendukung pengembangan berkelanjutan NGINX dan untuk memasarkan NGINX Plus sebagai produk komersial dengan fitur tambahan yang dirancang untuk pelanggan perusahaan. NGINX, Inc. menjadi bagian dari F5, Inc. pada tahun 2019. Saat ini, NGINX dan NGINX Plus dapat menangani ratusan ribu koneksi bersamaan, dan memberi daya lebih dari jutaan situs tersibuk di Web daripada server lainnya.

NGINX sebagai Server Web


Tujuan di balik NGINX adalah menciptakan server web tercepat, dan mempertahankan keunggulan itu masih menjadi tujuan utama proyek ini. NGINX secara konsisten mengalahkan Apache dan server lain dalam tolok ukur yang mengukur kinerja server web. Sejak rilis asli NGINX, bagaimanapun, situs web telah berkembang dari halaman HTML sederhana menjadi konten yang dinamis dan beragam. NGINX telah tumbuh bersamanya dan sekarang mendukung semua komponen Web modern, termasuk WebSocket, HTTP / 2, gRPC, dan streaming berbagai format video (HDS, HLS, RTMP, dan lainnya).

NGINX Beyond Web Serving


Meskipun NGINX menjadi terkenal sebagai server web tercepat, arsitektur dasar yang dapat diskalakan terbukti ideal untuk banyak tugas web selain menyajikan konten. Karena dapat menangani sejumlah besar koneksi, NGINX biasanya digunakan sebagai proxy balik dan penyeimbang beban untuk mengelola lalu lintas masuk dan mendistribusikannya ke server upstream yang lebih lambat - apa pun dari server basis data lama hingga layanan mikro.

NGINX juga sering ditempatkan di antara klien dan server web kedua, untuk berfungsi sebagai terminator SSL / TLS atau akselerator web. Bertindak sebagai perantara, NGINX secara efisien menangani tugas-tugas yang mungkin memperlambat server web Anda, seperti menegosiasikan SSL / TLS atau mengompresi dan menyimpan cache konten untuk meningkatkan kinerja. Situs dinamis, dibangun menggunakan apa saja mulai dari Node.js hingga PHP, biasanya menerapkan NGINX sebagai cache konten dan proxy balik untuk mengurangi beban pada server aplikasi dan memanfaatkan perangkat keras yang mendasarinya secara efektif.

Apa yang Dapat Dilakukan NGINX dan NGINX Plus untuk Anda?


NGINX Plus dan NGINX adalah server web terbaik di kelasnya dan solusi pengiriman aplikasi yang digunakan oleh situs web lalu lintas tinggi seperti Dropbox, Netflix, dan Zynga. Lebih dari 400 juta situs web di seluruh dunia mengandalkan NGINX Plus dan NGINX Open Source untuk mengirimkan konten mereka dengan cepat, andal, dan aman.

Sebagai load balancer all-in-one khusus perangkat lunak, server web, gateway API, dan proxy balik yang dirancang untuk arsitektur cloud-native, NGINX membantu Anda mempercepat infrastruktur TI dan upaya modernisasi aplikasi. NGINX Plus menghadirkan kemampuan tingkat perusahaan yang memberikan keandalan dan keamanan yang kuat.

NGINX adalah alat multifungsi. Dengan NGINX, Anda dapat menggunakan alat yang sama seperti penyeimbang beban, proxy balik, cache konten, dan server web Anda, meminimalkan jumlah perkakas dan konfigurasi yang perlu dipelihara organisasi Anda. NGINX menawarkan dokumentasi dan beragam eBook, webinar, dan video untuk membantu Anda. NGINX Plus menyertakan dukungan pelanggan respons cepat, sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan bantuan untuk mendiagnosis bagian mana pun dari tumpukan Anda yang menggunakan NGINX atau NGINX Plus.

NGINX terus berkembang. Selama dekade terakhir NGINX telah menjadi yang terdepan dalam pengembangan Web modern, dan telah membantu memimpin segala hal mulai dari HTTP / 2 hingga dukungan layanan mikro. Seiring perkembangan dan pengiriman aplikasi web terus berkembang, NGINX Plus terus menambahkan fitur untuk memungkinkan pengiriman aplikasi yang sempurna, dari dukungan untuk konfigurasi menggunakan implementasi JavaScript yang disesuaikan untuk NGINX, hingga dukungan untuk modul dinamis. Menggunakan NGINX Plus memastikan Anda tetap berada di ujung tombak kinerja web. Situs resmi NGINX. https://www.nginx.com/


Membutuhkan jasa Specialist untuk Install atau Instalasi NGINX ? Hubungi

PT. Infra Solution International
Istana Mentari B3/35C Sidoarjo Jawa Timur
Tlp WA: 0858-5643-1511
Email: infrasolutioninternational@gmail.com


Specialist IT - Consultant - Integrator - Supplier - Training - Multimedia. 25 years experience.




Tag: NGINX Indonsia, NGINX Jakarta, NGINX Surabaya, NGINX Bandung, NGINX Bekasi, NGINX Bali, NGINX Denpasar, NGINX Timor Leste, NGINX Papua, Install NGINX, Instalasi NGINX, Configurasi NGINX, Jasa, NGINX Mataram, NGINX Lombok, Jual NGINX, Jual NGINX Jakarta, jual NGINX Surabaya, Load Balancing NGINX, Proxi NGINX, NGINX Original,