Penjelasan Tentang TI Profesional

Apa yang dimaksud dengan Profesional TI ?


Profesional TI. Judul yang bagus tapi apa artinya? Seorang profesional, menurut Merriam-Webster, “berkaitan dengan pekerjaan yang membutuhkan pendidikan, pelatihan, atau keterampilan khusus”. Ketiganya dibutuhkan oleh profesional TI untuk menangani dunia komputasi saat ini. Tapi apakah hanya itu yang ada?


Merriam-Webster memberikan definisi yang lebih lengkap seperti "dicirikan oleh atau sesuai dengan standar teknis atau etika suatu profesi". Sementara standar teknis bergerak maju untuk semua orang, kecepatan TI bisa dibilang lebih cepat dan luas. Hukum Moore pasti muncul di benak semua orang untuk perangkat keras. Kecepatan yang sama ada untuk kompleksitas informasi sementara volume informasi menjadi tak terduga.


Profesi tradisional seperti dokter, perawat, insinyur, ahli listrik, guru dan akuntan memiliki program yang matang dan masyarakat yang kuat yang mengatur pendidikan, pelatihan dan keterampilan untuk domain mereka. Publik telah menuntut banyak domain profesional untuk bertanggung jawab atas keselamatan publik dan mengatur hak untuk berpraktik. Beberapa profesional diatur langsung oleh pemerintah dan memiliki lisensi untuk berlatih.


Dengan sedikit pengecualian, mereka yang berpraktik dalam kapasitas profesional bersatu membentuk sebuah badan profesional. Asosiasi atau perkumpulan profesional memberikan pengawasan untuk disiplin dan mewakili kepentingan praktisi profesional. Selain itu, perizinan dan kegiatan penegakan hukum termasuk dalam organisasi yang bertugas melindungi barang publik.


Sebuah badan pengetahuan bersama (BoK) merupakan salah satu batu penjuru fundamental untuk profesi apa pun. Seorang BoK, terutama bagi para profesional yang beroperasi dengan kecepatan hukum Moore tentu menghadirkan tantangan. Saya berpendapat bahwa ini semua adalah alasan lebih untuk keterlibatan aktif sebagaimana BoK mendefinisikan profesi, karena menganggap diri kita sebagai seorang profesional memerlukan artikulasi dari pelatihan dan keterampilan khusus.


BoK menetapkan panggung untuk karakteristik lain dari masyarakat profesional, khususnya pengawasan. Pengawasan profesional melintasi seluruh karier, mulai dari tahun-tahun pembelajaran formatif di tingkat pasca-sekolah menengah hingga minat dan peluang karier seumur hidup. Setiap asosiasi atau masyarakat bekerja sama dengan pendidik untuk mengawasi adopsi dan kualitas BoK dan keterampilan organisasi.


Ada sedikit, jika ada yang bekerja di bidang TI, yang tetap bekerja dalam waktu lama tanpa memperoleh keterampilan dan pelatihan TI baru. Siapa saat ini yang hanya mengetahui satu bahasa pengkodean, satu alat database, satu sistem operasi, atau satu metodologi? Asosiasi atau perkumpulan profesional melalui profil dan penunjukan membantu memetakan keterampilan dan pengalaman profesional.


Domain TI mengalir melalui semua aspek dunia saat ini. Berfokus hanya pada teknologi dan informasi mengabaikan cakupan yang lebih luas yang harus dipraktikkan oleh profesional TI dan berpartisipasi secara kolaboratif dengan profesional lainnya. Tata kelola, regulasi, budaya hanyalah sebagian kecil dari aspek lingkungan kerja teknologi informasi. Profesional perlu berpartisipasi aktif dalam diskusi lokal dan global yang berdampak dan peduli pada praktik teknologi informasi.


Perkumpulan dan perkumpulan melakukan pengorganisasian profesi namun kredibilitas mereka berasal dari keanggotaannya terutama ketika tidak ada peraturan yang memberikan kewenangan. Ini adalah jalan dua arah: individu mendapatkan keuntungan dari suara profesional yang sama dan sebuah profesi hanya dapat berbicara mewakili profesional jika mereka mematuhi standar dan etika profesi.


Profesional TI, dalam definisi paling sederhana tentang pendidikan, keterampilan, dan pelatihan khusus, memberikan gambaran dangkal tentang profesi kita. Bergabung dengan masyarakat profesional TI, seperti cips, membantu membedakan pekerja teknologi dari seseorang yang berkomitmen menjadi bagian dari suara profesi TI. Keanggotaan profesional di bidang TI adalah bagian tak terpisahkan dari menjadi seorang profesional TI.


Anda butuh jasa TI Profesional ? Berikut Selengkapnya :


  • Jasa Instalasi Server Surabaya
  • Jasa Instalasi Jaringan Surabaya
  • Jasa Instalasi Fiber Optic Surabaya
  • Jasa Data Center Surabaya
  • Jasa Splicing Fiber Optic Surabaya
  • Jasa Pemasangan CCTV Surabaya
  • Jasa Maintenance Server Surabaya
  • Jasa Virtualization Server Surabaya
  • Jasa Backup Data Server Surabaya


Istana Mentari BC/35C Sidoarjo Jawa Timur
Tlp/Wa: 0858-5643-1511
Email: infrasolutioninternational@gmail.com