Cara Cek Trouble Shoot Pada DVR CCTV


Halo Sahabat PT. Infra Solution International, Kali ini kita akan membahas salah satu trouble shoot yang sering terjadi Pada DVR CCTV, Yaitu trouble shoot pada DVR ( HDD PENUH / RUSAK ).

Hardisk Penuh

Pertama akan kita bahas adalah HDD PENUH, jika hdd penuh biasanya dvr akan terus menerus mengeluarkan bunyi nyaring.

Yang harus di lakukan pertama adalah mengecek performa hdd masih Normal/Abnormal,dan juga cek FREE SPACE HDD tersebut,langkah-langkah pengecekan bisa di lihat di bawah:

A. Klik kanan pada layar>Klik MENU maka akan muncul MENU DVR seperti gambar di bawah ini


B. Lalu pilih MENU HDD


C. Setelah itu akan terlihat status HDD apakah Normal / Abnormal


Jika sudah di cek dan hdd normal serta space hdd 0/kosong maka yang harus di lakukan adalah memformat /init hdd untuk menghapus rekaman yang sudah tersimpan di hdd. Dengan cara, Centang HDD



lalu Klik tulisan init di pojok kanan bawah layar


Setelah itu tunggu proses initializing hingga 100%


Dan lihat hasil akhirnya status HDD akan normal dan FREE SPACE akan bertambah tidak nol lagi.



Bila hdd normal dan space menjadi bertambah berarti langkah pemformatan berhasil dan hdd kembali normal serta dvr akan kembali normal seperti sebelumnya.

Hardisk Rusak

Berbeda lagi jika kondisi HDD rusak maka yang  terjadi setelah langkah pemformatan adalah status HDD akan menjadi ABNORMAL dan SPACE HDD akan menjadi nol/kosong.

Jika hal seperti ini terjadi hal yang perlu di lakukan adalah mencoba untuk memformat HDD untuk beberapa kali ,jika masih tetap ABNORMAL maka HDD perlu di ganti karna sudah tidak dapat di gunakan lagi .

Sekian Cara Cek Ttroble Shoot Pada DVR CCTV semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk baca artikel artikel Selanjutnya.